Visi dan Misi

  • Visi

Prodi Teknik Industri memiliki visi yang merupakan penerjemahan dari visi yang dirumuskan pada tingkat fakultas. Sebagai bagian dari Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Prodi Teknik Industri memiliki visi:

“Menjadi penyelenggara pendidikan Teknik Industri yang unggul dan terkemuka dan berwawasan nilai keislaman”

Visi tersebut merupakan perwujudan dari visi institusi dalam core competence bidang keilmuan Teknik Industri. Lebih lanjut, sebagai kecirikhasan UIN Sunan Kalijaga, Prodi Teknik Industri fokus pada  aspek integrasi antara keilmuan umum di bidang keteknik industrian dengan aspek keislaman.

Kata “unggul” dalam visi tersebut menegaskan tekad Program Studi Teknik Industri untuk menjadi penyelenggara pendidikan Teknik Industri terbaik dengan memperoleh akreditasi “A” pada tahun 2018 serta memiliki keunggulan pada pemaduan nilai-nilai keislaman dan Teknik Industri terutama di bidang pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Makna “terkemuka” pada visi Prodi Teknik Industri diterjemahkan sebagai cita-cita Prodi Teknik Industri yang akan mendirikan jenjang magister (S2) Teknik Industri, mendapatkan akreditasi internasional IABEE (Indonesian Accreditation Board for Engineering Education), dan tetap mempertahankan akreditasi unggul yang ditetapkan oleh BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Selain itu,  diharapkan telah terbentuknya jaringan kerjasama yang kuat dan berkelanjutan dengan kalangan industri, pemerintahan dan perguruan tinggi lain baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini berkaitan dengan upaya untuk mewujudkan adanya hubungan U-I-G (university, industry, and government) yang erat. 

  • Misi

Dalam upaya mencapai misi Prodi Teknik Industri menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran yang berwawasan keislaman dalam bidang Teknik Industri.

  2. Melaksanakan penelitian dan menghasilkan publikasi dalam bidang Teknik Industri yang bermanfaat bagi masyarakat.

  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Teknik Industri yang berwawasan keislaman.

  4. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Teknik Industri.