Senin, 23 Februari 2015 10:50:59 WIB Dilihat : 2560 kali

Peranan desain produk di Indonesia masih belum dianggap penting. sehingga banyak produk Indonesia kalah bersaing dari produk negara lain yang sudah memanfaatkan teknologi desain produk dengan baik. Hal itu terlihat dari beberapa produk pasar yang merupakan hasil duplikat dari produk negara lain.

Pemaparan itu disampaiakan Dr. Ir. Imam Djati Widodo, S.T., M.Eng (Dekan Fakultas Teknologi Industri UII) saat memberi materi pada Kuliah Umum jurusan Teknik Industri dengan tema “Aplikasi Kansei Dalam Desain Produk Di Industri” di Teatrikal fakultas Sains dan Teknologi, Selasa (23/9).

Ketua jurusan Teknik Industri Arya Wirabhuana, M.Sc. menuturkan kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan jurusan untuk menambah wawasan mahasiswa di bidang industri. Karena dengan materi ini mahasiswa bisa tahu manfaat desain dalam merancang sebuah produk.

Pasar bebas yang berlangsung saat ini, banyak produk asing beredar di Indonesia. Dengan bentuk unik dan harga murah dapat di jangkau oleh masyarakat. Sehingga pangsa pasar produk lokal pun kalah saing dengan produk impor, karena masih monoton, kurangnya kreatifitas dan inovasi di kalangan industri nasional.

Imam Djati Widodo menjelaskan, kesuksesan perancangan suatu produk ditentukan oleh keberhasilan dalam memahami, menginterpretasi, dan merealisasikan kebutuhan konsumen dalam suatu produk.” Jadi bagi konsumen, produk tidak hanya harus memiliki arti fungsional tetapi juga arti simbolik yang berwujud tampilan, harga, packaging, dan promosi” tutur Imam.

Imam menambahkan salah satu teori desain yang berkembang yaitu kansei engineering. Dimana metode pengembangan produk yang proaktif bisa menerjemahkan kebutuhan, perasaan dan impresi konsumen dalam solusi desain serta parameter desain yang kongkret. Kansei utamanya merupakan katalis untuk pengembangan yang sistematis dari suatu solusi dan inovasi baru tetapi dapat juga digunakan untuk alat untuk memperbaiki konsep dan produk yang ada.

“Karena itu, inilah saatnya menumbuhkan kesadaran akan pentingnya desain kepada komunitas industri di Indonesia agar produk Indonesia mempunyai keunggulan dan kemampuan untuk bersaing dipasar dunia” kata Imam.

(Ch/Admin)

Berita Terkait

Berita Terpopuler

Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom